danijunianto

This site is about Creativity and Innovation class. LoL

Google as one of the innovational company

Halaman ini saya tulis menjelang UTS dan akan dinilai pula untuk UTS, maka dari itu mohon doa dan dukungan dari anda-anda semua. Bismillah.

GOOGLE BACKGROUND

Google Inc, sebuah perusahaan multinational, yang memiliki peran dalam Internet Search, Cloud Computing, serta teknologi online advertisingsoftware. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Stanford University. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan pribadi pada 4 September 1988. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah “To organize world’s Information and make it universally accessible and useful”, dan slogan tidak resminya adalah “Don’t Be Evil“. Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari.

Sekian pengantar kata untuk Google, sekarang kita lanjut ke topik pembahasan yang sebenernya.

GOOGLE TECHNOLOGY INNOVATION

Google. Inc ini memang berbasis teknologi. Tentunya kita sudah tahu teknologi apa yang dibicarakan apabila kata Google disebut. Teknologi inilah yang sangat membantu kita (terutama saya dalam mengerjakan halaman ini :P). Teknologi yang belum bisa ditiru oleh para pesaingnya sendiri. Yap, saya sedang membicarakan Perfect search engine Google. Mengenal kata GOOGLE pasti menyoroti search engine yang menjadi inovasi teknologi tercanggihnya.

Jadi, begini sebenarnya loh, cara kerja Google itu. Sebelum kita mengetik kata kunci/keyword yang ingin dicari, Google dengan hebatnya telah memancarkan suatu bentuk sistem global yang membuat index seperti ada di buku. Jadi kata kunci yang kita ketikan itu kemudian akan dibandingkan dengan seluruh index yang telah didapatkan oleh Google. Perlu contoh ? Coba deh buka Google dan ketikan huruf ”A” saja. Google lalu akan mencari seluruh referensi dari index yang dimilikinya yang dikira mirip dengan kata yang kita ketikkan.Hal ini pun terjadi hanya dalam sepersekian dekit. Teknologi yang dikenal sebagai Instant search” ini berlandaskan teknologi yang tiap harinya disempurnakan agar lebih memuaskan para penggunanya, seperti:

  1. JavaScript Optimization.
  2. Better Caching
  3. User-State Data
  4. JSON (JavaScript Object Notation), instead of XML

Para engineer di GOOGLE corporation memang termasuk expert dalam membentuk sistem teknologi ini. Salut deh sama para founder dan engineer.

GOOGLE PROCESS INNOVATION

Google membuat banyak hal menjadi lebih efektif dan efisien dan tetap memiliki manfaat yang tinggi. Ini terjadi karena GOOGLE menghasilkan inovasi proses yang luar biasa dan semakin berkembang. Apa saja kah itu?

  • Speed. Kecepatan merupakan inovasi proses terbesar Google. Pencarian di search engine memiliki rata-rata respons 1/4 detik saja. Google memahami bahwa para pengguna search engine memprioritaskan kecepatan. Maka Google tidak akan menambah fitur-fitur baru yang akan melemahkan speednya. Google malah menambah fitur baru yang membuat proses searching lebih cepat lagi. Smart coding menjadi dasar kecepatan pencariannya. Real-time processing membuat definisi “visible world” lebih jelas lagi. Pengguna Google search pasti menjawab inovasi proses yang diberikan Google amat menyingkat waktu dan memberikan kepuasan lebih karena kecepatan ini.
  • Freshness.Melanjutkan pembahasan tentang teknologi Real-time Search, Google terus meng-update sumber-sumber yang akan menjadi tujuan searching kita. Jika dahulu GoogleBots meng-update dalam kurun waktu 3-4 bulan sekali, sekarang Google meng-update terus dalam hitungan detik. Google ingin kita mendapatkan berita, blog, dan status updates terbaru sesegera mungkin setelah mereka meng-update nya.
  • Comprehensiveness. Karena Google memiliki juta jutaan index, sangat bisa dikatakan bahwa inovasi proses dari Google menghasilkan relevansi dan komprenhesifan yang sangat tinggi. Tidak hanya web, tapi juga gambar, video, berita, buku, map, dan banyak hal lain

GOOGLE PRODUCT INNOVATION

 

 Apa saja sih ayng kalian tau tentang Google ? Tentu bukan hanya dari search engine-nya saja. Pernah dengar Gmail ? Atau mungkin pernah dengar Google Chrome ? Yap, kedua hal ini adalah sebagian produk yang Google oleh Google.

Disini akan saya jabarkan beberapa produk dari Google, seperti :

–          Gmail : sebuah webmail buatan Google

–          Google Chrome : browser internet

–          Android : OS (Operating System) untuk beberapa jenis handphone

–          GoogleDocs : sebuah sarana yang biasa digunakan untuk sharing dokumen

–          GoogleTalk : sebuah sarana untuk melakukan instant messaging

–          etc.

Dari contoh yang saya sebutkan ini, masih banyak lagi produk-produk Google lainnya. Hebat yah, Google. Semoga tetap berkemabng deh untuk produk-produk Google.

GOOGLE BUSINESS MODEL INNOVATION

Google memiliki user-interface yang simpel, jelas dan minimalis. Ngga percaya ? Coba cari di browser kamu deh, ketik google.com. Tidak macam-macam, hanya logo Google dan sebuah search box – mudah dan cepat untuk ditampilkan. Google memiliki banyak nilai lebih apabila kita bandingkan dengan search engine search engine lainnya (salah satu contohnya, sebut saja si Y”) yang lebih seperti portal general, menimbulkan kebingungan, banyak advertisement dan useless links, sehingga lambat buat di load.

Google memiliki pengertian yang amat mendalam di psikologi persepsi, bagaimana mata dan otak bekerja, tidak seperti kompetitor lainnya tidak. Intinya, ketika seorang user ingin mengunjungi sebuah search engine, dia akan mendapatkan apa yang dia mau.

Sesimpel itulah bisnis model dari Google. Simpel tapi hasilnya luar biasa sekali. Dalam sehari bisa ada ratusan ribu orang yang menggunakannya.

 

SUGGESTION AND PREDICTION FOR GOOGLE

Saran dari saya sih, sebagai salah satu user Google yang setia, saya sih inginnya kalo saya melakuan search di Google asil yang keluar tidak sampe pulahan page dan page 3 sampai seterusnya biasanya sudah tidak ada hubungannya dengan apa yang diketikkan. Jadi ya, semoga Google bisa membuat search engine yang dimliki sekarang menjadi lebih berkembang lagi. Semangat Google !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 15, 2012 by .
%d bloggers like this: