danijunianto

This site is about Creativity and Innovation class. LoL

SCAMPER untuk SBM-ITB

Inovasi adalah hal yang penting dalam sebuah sistem. Sistem akan selalu menghadapi perubahan, semakin suatu sistem dapat melakukan perubahan dan berinovasi, maka semakin berkembang sistem tersebut. Disini saya akan mencoba membantu SBM-ITB berinovasi dengan menggunakan SCAMPER

1. Substitute (Pengganti)

Sistem kelas diubah menjadi sistem kelas online yang integratif. Dengan sistem online yang terintegrasi, mudah digunakan, dan lengkap dengan informasi, maka mahasiswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Mahasiswa dapat mendapatkan mata kuliah dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas ruang dan waktu.

2. Combine (Menyatukan)

Koneksi jejaring sosial di internet dapat menjadi fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Tutor mempunyai akses dan online setiap jam kantor sehingga dapat memberikan bantuan kepada mahasiswa yang membutuhkan pengajaran lebih lanjut.

3. Adapt (Beradaptasi)

Mengadaptasi karakter dan trend mahasiswa yang terbaru, seperti nongkrong, hang out, ngobrol santai dalam menerapkan ilmu dan pengajaran. Dengan beranjak dari hal-hal yang disukai mahasiswa, tentunya ilmu-ilmu dapat terserap dengan baik.

4. Modify (Memodifikasi)

Lobby dan campus centre yang cozy sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dan kerja kelompok. Student lounge juga dibuat sedemikian nyaman sehingga para mahasiswa selalu dapat belajar dengan baik. Adanya internet yang kencang serta lancar juga dapat menjadi pendukung utama. Tersedianya cafe yang menarik serta asik untuk nongkrong dapat menarik mahasiswa untuk betah duduk dan belajar lama di cafe itu.

5. Put to other uses (Menempatkan pandangan yang berbeda)

Menciptakan suasana belajar yang fun dan selalu ada tantangan serta achievement yang mendorong mahasiswa untuk selalu berprestasi. Seperti mengadakan perlombaan bisnis yang memperebutkan hadiah yang menggiurkan, perlombaan yang menggandeng perusahaan-perusahaan keren, mendatangkan lecture dari orang-orang penting yang inspiratif, serta terdapat toko buku yang besar serta nyaman di dekat kampus.

6. Eliminate (Menghilangkan)

Menghilangkan peraturan-peraturan yang kurang membangun.

7. Reverse/Rearange (Mengatur ulang/membalikkan urutan)

Menghilangkan pelajaran-pelajaran yang kurang penting di mata mahasiswa atau mata kuliah yang dianggap mudah sehingga mahasiswa mau mengambilnya. Dan diganti dengan mata kuliah yang bermutu serta mendukung pengetahuan mahasiswa.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 17, 2012 by .
%d bloggers like this: